Wednesday, August 14, 2019

thumbnail

5 Misteri di Indonesia Yang Belum Terpecahkan

Hingga saat ini, masih banyak misteri di Indonesia yang belum terpecahkan. Berbagai cara dilakukan oleh para peneliti untuk mengungkap misteri ini. Tak sedikit pula arkeolog dari luar negeri yang datang ke Indonesia untuk membantu proses penelitan.

Misteri di Indonesia


Hal ini dikarenakan jawaban dari misteri yang ada di Indonesia juga berhubungan dengan sejarah kehidupan umat manusia di seluruh dunia. Tak heran, Indonesia menjadi salah satu bagian terpenting dalam sejarah evolusi manusia purba ke manusia modern.

5 Misteri di Indonesia Yang Belum Terpecahkan


Dalam artikel ini, kita akan membahas 6 misteri di Indonesia yang paling terkenal dan tak kunjung terpecahkan. Mulai dari benteng raksasa di laut Papua, situs Gunung Padang, kapal hantu SS Ourang Medan, dan misteri keberadaan suku Mante dan suku Lingon. Nah, mari kita simak semua pembahasannya.

Benteng Raksasa di Laut Papua


Benteng Raksasa di Laut Papua


Misteri di Indoneisa yang pertama adalah munculnya benteng raksasa di laut papua menjadi salah satu penemuan bawah laut yang menggembarkan dunia. Benteng ini berukuran hingga 1860 meter dengan lebar 2700 meter. Bukan hanya itu, benteng ini dibuat dengan rapih dan terstruktur hingga membentang sepanjang 110 km di dasar laut.

Berdasarkan dan ukurannya, sudah jelas bahwa bangunan ini tidak dibuat oleh manusia modern. Sebab bangunan Dubai Tower saja yang merupakan bangunan tertinggi di dunia, hanya berukuran 800 meter. Bahkan, kita bisa melihat benteng raksasa di laut papua ini dari satelit Google Map dan Bing Map.

Jika dilihat dari sejarahnya, tanah Papua memang salah satu peradaban paling kaya di seluruh dunia. Konon, bagian selatan pulau Papua menyambung dengan tanah Australia pada zaman dulu. Tanah Papua juga kaya akan emas dan sumber daya alam lainnya yang sangat berguna. Namun seiring berjalannya waktu, tanah Papua terus tergerus dan tenggelam oleh lautan. Salah satu penyebabnya adalah lapisan es yang mencair dari zaman es dan berubah menjadi perairan.

Tanah Papua juga kental akan hubungannya dengan dunia yang hilang. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan bahwa benteng raksasa di laut Papua adalah tembok Nabi Sulaiman AS, tembok Nabi Zulkarnain AS, sisa – sisa dari gunung nabi, atau bahkan tembok raksasa yang mengitari bumi.

Situs Gunung Padang


Situs Gunung Padang


Situs Gunung Padang juga menjadi salah satu misteri di Indonesia dari jaman purbakala. Kebenaran dari misteri ini bukan hanya berkaitan dengan tanah Nusantara saja, melainkan seluruh sejarah peradaban umat manusia. sebab situs ini memiliki kaitan dengan peninggalan zaman Megalitikum.

Situs Gunung Padang pertama kali dimuat dalam Rapporten van de Oudheidkundige Dienst atau Buletin Dinas Kepurbakalaan oleh sejarawan Belanda bernama N. J. Krom. Penelitian yang dilakukan tahun 1914 tersebut menjelaskan mengenai adanya tumbukan batu – batu persegi berukuran besar yang mengarah ke Gunung Gede. Sehingga Situs Gunung Padang memiliki kaitan dengan misteri dan arkeologi.

Namun, situs megalitikum dari zaman batu ini sempat dilupakan selama lebih dari 30 tahun. Hingga akhirnya, seorang warga melaporkan hal yang sama di Kecamatan Campaka, Cianjur ke pemerintah setempat. Dari sana, barulah arkeolog dan peneliti dari Indonesia melakukan penelitan serius mengenai sejarah, kegunaan, dan asal muasalnya.

Sebelumnya, warga setempat menganggap situs Gunung Padang sebagai tempat dimana Prabu Siliwangi ingin membangun istana dalam waktu semalam. Namun karena gagal, hanya sisa – sisa dari bongkahan batunya saja yang tersisa dalam keadaan berantakan. Bahkan konon, pada beberapa malam berangin akan terdengar suara – suara music seperti gamelan dan suling dari situs ini.

Selain itu, Gunung Padang juga pernah dianggap sebagai salah satu piramida karena bentuknya. Bahkan jika dibandingkan dengan Piramida Giza, umur Gunung Padang ribuan tahun lebih tua. Namun setelah diteliti lebih dalam, gunung ini tidak memiliki struktur piramida, hanya memiliki bentuk yang mirip saja.

Namun karena banyak wisatawan yang datang dan merusak tempat ini, pemerintah situs Gunung Padang ditutup selama tahun 2019 ini.

Kapal Hantu SS Ourang Medan


Kapal Hantu SS Ourang Medan


Misteri di Indonesia yang belum terpecahkan berikutnya adalah mengenai kapal hantu S. S. Ourang Medan atau SS Ourang Medan. Sesuai dengan namanya, kapal uap ini mengalami kejadian misterius yang membuat semua petugas kapalnya mati. Yang lebih menyeramkan lagi, semua mayat kru ditemukan dalam kondisi membeku dengan mata terbuka dan mulut menganga seolah melihat sesuatu yang menakutkan. Meskipun beberapa orang menganggap misteri ini sebagai hoax belaka, namun faktanya kisah tentang kapal hantu di Indonesia ini telah tersebar ke seluruh dunia.

Dilansir dari Wikipedia, tragedy kapal SS Ourang Medan terjadi di tahun 1947. Pada awalnya, hanya terdapat sinyal SOS dengan koordinat kapal berada di selat Malaka.

Namun setelah dua kapal laut asal Amerika merespon sinyal SOS tersebut, mereka menemukan kapal SS Ourang Medan terapung di tengah laut tanpa terlihat adanya kerusakan, api, atau bahkan awak kapal yang berugas. Kedua kapal tersebut kemudian mendekati kapal hantu untuk investigasi singkat.

Secara mengejutkan, mereka menemukan semua awak kapal mati dalam keadaan membeku dan mulut serta mata terbuka. Mayat sang kapten juga ditemukan dalam kondisi yang sama sambil memegang stir kapal. Seolah – olah ia mencoba membelokan kapal kabur dari apapun yang menyerang mereka saat itu.

Yang lebih mengerikan lagi, semua mayat awak kapal meninggal tanpa adanya darah ataupun luka di tubuhnya. Para peneliti memperkiraan para awak mati karena ketakutan sehingga menyebabkan masalah tekanan darah rendah. Namun pertanyaannya adalah, makhluk menakutkan apa yang bisa membuat semua orang dalam kapal SS Ourang Medan mati dalam keadaan yang sama?

Keberadaan Suku Mante


Suku Mante


Misteri di Indonesia yang berikutnya adalah tentang Suku Mante. Suku Mante merupakan salah satu suku pedalaman paling misterius keberadaannya di Indonesia. Suku ini terakhir kali terdengar kabanya pada tahun 2017, dimana pada saat itu terdapat sekelompok pemotor yang merekam seorang anak kecil tanpa busana berlari dengan cepat ke arah hutan di wilayah Aceh.

Menurut sejarah Suku Mante ini merupakan suku Melayu Tua yang sudah sejak tahun 3000 SM di Aceh. Sedangkan suku Melayu Muda baru hadir di tahun 1500 SM di Aceh.

Di pertengahan abad 17 juga terdapat temuan mengenai Suku Mante. Pada saat itu, ada sepasang pria dan wanita dari Suku Mante yang tertangkap warga dan dibawa ke kesultanan Aceh. Namun kedua Suku Mante tersebut tidak mau bicara dan makan makanan yang disediakan. Sehingga mereka mati kelaparan tanpa memberikan informasi apapun.

Hingga saat itu, misteri tentang Suku Mante juga belum terpecahkan. Namun banyak orang yang berpendapat bahwa mereka hidup secara nomaden. Sehingga, tidak bisa ditemukan di tempat yang sama selama berbulan – bulan.

Selain itu, beberapa orang juga mengatakan bahwa mereka pernah menemui Suku Mante di sungai tengah hutan pada waktu subuh.

Asal Muasal Suku Lingon


Suku Lingon


Misteri di Indonesia yang terakhir adalah asal muasal Suku Lingon. Berbeda dengan Suku Mante, Suku Lingon lebih sering ditemukan dan berbaur dengan masyarakat setempat. Hanya saja, ciri khas dari Suku Lingon ini memiliki mata biru dan berparas seperti orang Eropa.

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan ras di Indonesia merupakan keturunan Mongoloid. Sedangkan Suku Lingon memiliki ciri fisik layaknya ras Kaukasoid. Sedangkan ras Mongoloid tidak bisa memiliki keturuan Kaukasoid tanpa adanya kawin silang.

Penemuan Suku Lingon pertama kali ada di kawasan hutan Halmahera, Maluku. Namun beberapa orang menganggap Suku Lingon bisa ditemukan di Sulawesi dan di Aceh.

Belum ada yang tau pasti dari mana asal muasal Suku Lingon hingga bisa berada di Indonesia seperti saat ini. Selain itu, Suku Lingon juga memiliki bahasa, kebudayaan, dan rumah adat sendiri yang berbeda dengan suku lain di Indonesia.

Nah, demikianlah beberapa misteri di Indonesia yang hingga saat ini belum terpecahkan. Tidak sedikit pula yang menganggap misteri ini hanyalah hoax belaka.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments